:::: MENU ::::

Senin, 12 Februari 2018

9 Bahaya Mengucek Mata dengan Tangan

Di saat mata terasa gatal, kebanyakan orang akan langsung menggaruknya tanpa pikir panjang. Hal tersebut tentu saja merupakan suatu spontanitas yang seringkali tidak disadari. Apakah anda sering mengucek mata? Mulai sekarang, sebaiknya anda harus berhenti melakukan kebiasaan kecil tersebut, karena bisa memberi efek yang cukup buruk. Ya, walaupun tampak remeh dan sederhana, namun Kebiasaan Mengucek Mata secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam bahaya. Apa saja bahaya tersebut? Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan

Menyebabkan Tekanan Pada Mata
Mengucek mata dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tekanan pada mata, yang mana hal tersebut tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Hal tersebut diungkapkan oleh Profesor Charles McMonnies dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Optometry and Vision Science. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa mengucek mata dapat memberi tekanan hingga 10 kali lipat dari kondisi normal.

• Rabun Jauh (Miopia)
Rabun jauh atau miopia adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat objek secara jelas pada jarak yang jauh. Hal tersebut dikarenakan mata tak dapat memfokuskan pandangan pada retina. Jika anda tidak ingin terkena rabun jauh, maka hindarilah kebiasaan mengucek mata, karena kebiasaan tersebut bepotensi besar menimbulkan kerusakan pada mata yang berakhir dengan rabun jauh.

Mengakibatkan Glaukoma
Jika terus dibiarkan, glaukoma bisa berkembang pada level yang lebih buruk yaitu kerusakan pada mata dan dapat pula berakhir dengan kebutaan. Penyebab utama glukoma adalah terjadinya tekanan berlebih pada mata, yang mana hal tersebut dapat diakibatkan oleh kebiasaan mengucek mata.

Menyebabkan Kerusakan Syaraf
Terlalu sering mengucek mata akan menganggu aliran darah di belakang mata, yang mana hal tersebut akan berperan langsung dalam pengrusakan syaraf. Dampak lebih lanjut adalah gangguan penglihatan.

Menyebabkan Gangguan Keratoconus
Keratoconus terjadi akibat kornea yang terdorong ke depan dan melemah. Salah satu penyebab utamanya adalah keseringan mengucek atau menggosok mata.

Menyebabkan Pembengkakan Pada Kornea
Bagi anda yang terbiasa mengucek mata saat bangun tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena bisa menyebabkan pembengkakan pada kornea. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen yang rendah sehingga menyebabkan kelebihan cairan.

Penipisan Kornea
Para ahli menemukan fakta bahwa kebiasaan mengucek mata bisa mengakibatkan penipisan kornea, yang mana hal tersebut akan berakhir dengan beberapa masalah mata seperti gangguan penglihatan dan terkena keratoconus.

Menimbulkan Lingkaran Hitam Pada Mata
Kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang mengelilingi mata, yang pada akhirnya akan menimbulkan lingkaran hitam pada mata.

Kebutaan
Dampak terakhir dan paling buruk akibat kebiasaan mengucek mata adalah kebutaan. Hal ini akan terjadi jika kebiasaan mengucek mata dilakukan dalam jangka panjang, dan menjadi kebiasaan yang rutin.

Itulah beberapa Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan. Bahaya dan dampak yang terjadi tentu tidak akan langsung terasa secara langsung, namun akan terjadi dalam jangka panjang. Jadi, mulailah hentikan kebiasaan mengucek mata dengan tangan supaya anda bisa terhindar dari beberapa bahaya yang telah disebutkan di atas. Jangan sampai mata anda mengalami masalah serius hanya karena anda lalai dan seringkali meremehkannya. Jika area mata terasa gatal, sebaiknya gunakanlah obat mata dan jangan menguceknya. Namun jika terpaksa, kuceklah mata anda secara perlahan memakai tisu atau kain yang lembut. Sekian ulasan dari kami tentang Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar