:::: MENU ::::

Kamis, 14 Maret 2019

Siapa Bilang Mutasi Mobil Ribet? Lihat Langkahnya Di Sini!

Setelah Anda membeli mobil di website atau showroom tempat jual mobil bekas Jakarta terpercaya, hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah melakukan mutasi mobil. Dengan melakukan mutasi mobil ini, baik BPKB dan STNK akan berubah atas nama pemilik baru yang sesuai dengan alamat tempat Anda tinggal.

Sebelum Anda mengurus proses mutasi sebaiknya sipakan dulu beberapa dokumen-dokumennya. Dokumen-dokumen tersebut meliputi BPKB Asli dan fotokopiannya, STNK asli dan fotokopiannya, KTP asli milik Anda dan fotokopiannya, kwitansi pembelian  mobil yang diberi materai 6000 dan fotokopiannya.

Setelah semua dokumen-dokumen persyaratarannya Anda kumpulkan semua, langkah pertama untuk mengurus mutasi atau balik nama mobil adalah datang ke kantor SAMSAT. Setelah itu serahkan BPKB dan KTP kepada petugas loket mutasi.

Langkah selanjutnya adalah melakukan cek fisik kendaraan. Setelah itu serahkan hasil cek fisik tadi ke petugas  loket bersama dengan berkas dokumen-dokumen yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Kemudian Anda akan disuruh mendatangi bagian pelayanan mutasi kendaraan. Di sana jangan lupa untuk meminta formulir mutasi sekaligus juga balik nama. Setelah selesai mengisi formulir serahkan lagi ke petugas. Nantinya Anda akan diberikan tanda terima dan diminta untuk melakukan pembayaran mutasi mobil.

Setelah itu, Anda akan diberikan bukti pembayaran berupa kwitansi dua rangkap. Satunya serahkan ke petugas bersama dengan berkas-berkas yang sebelumnya sudah dilegalisir dan satu rangkapnya lagi Anda simpan untuk dibawa kembali saat pengambilan berkas nanti. Biasanya pengambilan berkas akan dijadwalkan 5 sampai 7 hari setelahnya.

Pada hari yang sudah ditentukan, jangan lupa untuk datang lagi ke SAMSAT untuk mengambil berkas. Jangan sampai kelupaan untuk membawa tanda terima pembayaran biaya mutasi mobil dan dokumen berkas yang asli. Di loket final ini jika tidak ada tunggakan pajak, petugas akan langsung melegalisir kembali berkas milik Anda.

Setelah itu Anda tinggal datang ke kantor SAMSAT dimana mobil Anda akan dimutasi. Di sana langsung saja datang ke loket cek fisik untuk melakukan legalisir mutasi karena di sini Anda tidak perlu lagi melakukan cek fisik. Setelah itu, ikuti saja arahan dari petugas.

Nantinya pada hari yang sudah ditentukan, Anda harus datang lagi ke kantor SAMSAT beserta berkas-berkasnya, lalu Anda tinggal membayar biaya mutasi mobil kembali. Jalani proses selanjutnya dan Anda akan diberi BPKB dan STNK baru. Sekarang mobil yang Anda beli dari jual beli mobil bekas Jakarta sudah atas nama diri Anda sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar