9 CARA MENGATASI KULKAS TIDAK DINGIN


9 CARA MENGATASI KULKAS TIDAK DINGIN

Permasalahan lemari es yang tidak dingin lagi memang sering kali terjadi pada kulkas yang sudah cukup berumur, tapi jangan senang dulu, kulkas yang terhitung masih baru pun bisa mengalami hal yang sama. Tentu hal ini akan membuat anda kesal, terlebih lagi jika anda menggunakan kulkas sebagai penunjang utama dalam usaha anda.

Kulkas sudah menjadi barang wajib di hampir setiap rumah, karena fungsi nya yang sangat bermanfaat untuk menyimpan bahan makanan sehingga tidak mudah basi. Kulkas juga salah satu aset berharga bagi para pelaku usaha, seperti suplier nuget, agen es krim, pedagang yoghurt dan penjual minuman dingin pada umumnya.

Jika lemari es ini mengalami gangguan bukan hanya membuat anda kesal namun juga berpotensi membuat kerugian pada usaha anda. Nah pada kesempatan ini kami akan memberikan tips yang bisa anda lakukan, agar hal buruk tersebut dapat dihindari.

Berikut kami uraikan beberapa tips, ketika anda mengalami masalah kulkas tidak dingin lagi.

9 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN MENGATASI MASALAH KULKAS YANG TIDAK DINGIN

1.     Periksa Tegangan Listrik
Perhatikan kondisi tegangan listrik rumah anda, karena jika tegangan lsitrik tidak normal bisa merusak barang-barang elektronik di rumah anda, tanda yang mudah diamati adalah lampu kulkas menjadi sangat redup bahkan mati ketika mesin kulkas bekerja. Mintalah petugas PLN atau orang yang mengerti tentang kelistrikan untuk memeriksa dan memperbaikinya.

2.     Cek Kondisi Pintu Kulkas
Fokus utama ketika memeriksa bagian pintu kulkas adalah bagian karet nya, karena komponen ini lah yang bertanggung jawab menjaga suhu udara di dalam kulkas agar tidak bocor keluar. Pastikan juga anda menutup rapat-rapat pintu kulkas setiap kali membukanya, jangan terburu-buru.

3.     Bersihkan Bunga Es Secara Berkala
Sering kali bunga es ini menutup lubang dari kompresor yang berperan menyalurkan udara dingin. Jangan biasakan membiarkan bunga es menumpuk, karena hal ini termasuk kebiasaan buruk yang membuat kulkas tidak dingin lagi, bersihkanlah secara berkala.

4.     Lihat Pengatur Suhu
Coba anda lihat pengatur suhu kulkas, jangan-jangan anda menyetel nya terlalu rendah, atau lupa menaikkan nya kembali ketika kulkas selesai dibersihkan. Posisikan pengatur suhu kulkas ke posisi maksimal, atau mendekati maksimal.

5.     Jangan Menyimpan Makanan Panas di Dalam Kulkas
Menyimpan makanan bersuhu tinggi ke dalam kulkas merupakan cara yang salah, perbedaan suhu yang ekstrem malah dapat merusak komponen kulkas, dinginkan makanan panas anda setidaknya sampai suhu nya di bawah 40 derajat celsius, atau sama dengan suhu ruangan.

6.     Jauhkan Peralatan Yang Menghasilkan Panas
Suhu panas dari perlatan elektronik lain akan menurunkan performa kulkas dan akhirnya membuat kulkas tidak dingin lagi , contoh peralatan elektronik yang menghasilkan panas diantaranya, pemanggang roti, penanak nasi, kompor listrik oven, kompor gas dan lain-lain.

7.     Lemari Es Kelebihan Beban
Jika kulkas kelebihan beban, sudah dipastikan akan mengganggu kinerja mesin. Maka usahakanlah untuk menyimpan bahan makanan sesuai kemampuan kulkas, jangan berlebihan.

8.     Beri Pengetahuan Pada Karyawan
Jika lemari es ini anda gunakan sebagai alat usaha, jangan lupa untuk menatar karyawan anda agar mereka mengetahui bagaimana memperlakukan kulkas dengan benar.

9.     Serahkan Pada Ahlinya
Jika beberapa upaya yang anda lakukan belum juga membuahkan hasil, maka jalan terbaik adalah menghubungi tenaga ahli terdekat, atau hubungi teknisi resmi dari merek lemari pendingin anda.

Setiap barang elektronik pasti memiliki umur dan batasan tertentu, sebaiknya anda melakukan perawatan berkala pada lemari pendingin anda, agar lebih awet dan ber umu panjang. semoga uraian yang kami berikan bermanfaat untuk anda, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Charlotte Blogger Blog Design by Ipietoon