AlliSya Maxi Fund Plus, Pilihan Jenis Investasi Halal untuk Masyarakat


AlliSya Maxi Fund Plus, Pilihan Jenis Investasi Halal untuk Masyarakat

Ekonomi syariah terus menjadi sorotan oleh para ekonom, dan digadang menjadi penggerak perekonomian Indonesia. Pembicaraan tentang ekonomi syariah seakan tidak pernah habis, dan mulai diterapkan di beberapa kebijakan. Sejak ekonomi syariah lahir Ia sudah berkontribusi untuk menghalau krisis ekonomi, kala itu tahun 1998. Hingga kini beragam pembiayaan syariah mulai digalakkan, termasuk kehadiran asuransi berbasis syariah #AwaliDenganKebaikan.

Belum Sepenuhnya Menjadi Pioner Perekonomian
Industri asuransi mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, meskipun tumbuhnya cenderung melambat. Pada tahun 2016 AAUI mengeluarkan data premi asuransi sebesar 61,9 triliun, atau tumbuh sekitar 5,1 persen. Pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar, dengan keberadaan asuransi. Para perusahaan asuransi juga ikut meramaikan pasar, dengan mengeluarkan beberapa produk yang menarik perhatian nasabah.  

Pada tahun 1994 asuransi syariah mulai masuk ke Indonesia, dan belakangan ini menunjukkan angka pertumbuhan yang positif. Perkembangannya sejalan dengan munculnya beragam produk asuransi syariah Indonesia, baik dari perbankan atau perusahaan asuransi. Kehadiran asuransi ini menekankan sifat adil, dan meringankan beban nasabahnya. Disamping itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin perhatian dengan produk halal.

Surya telah menjadi nasabah asuransi dari Allianz dan memakai salah satu produk syariahnya. Produk AlliSya Maxi Fund Plus diluncurkan sebagai pelindung jiwa untuk peserta asuransi hingga usia 100 tahun. Pilihan jenis investasi akan disesuaikan dengan profil yang diajukan peserta asuransi. Jadi peserta mempunyai hak untuk menentukan kapan perlu menerima pendapatan dari nilain investasi. Besarnya perlindungan jiwa yang diadapatkan setara dengan 15 juta, atau lebih tinggi dari Premi Tunggal.

Disini perbankan atau perusahaan asuransi berperan sebagai pengelola dana, dan perantara kedua pihak. Surya mengatakan dalam konsep syariah pembagian keuntungan dibagi secara adil, sesuai dengan besar kontribusi yang dimiliki. Surya mengakui menggunakan proteksi syariah lebih membawa keuntungan, dibandingkan asuransi konvensional. Pembayaran premi diganti dengan kontribusi yang disetorkan oleh nasabah, dan dikumpulkan menjadi satu rekening dengan atas nama salah satu nasabah. 

Pengajuan Klaim Lebih Mudah
Surya pernah menjadi nasabah asuransi konvensional dari salah satu perusahaan asuransi. Ketika Ia hendak mengajukan klaim pihak perusahaan prosedurnya cukup berbelit, selain itu dana klaim jauh dari perjanjian polis. Karena terlalu kecewa dengan pelayanan perusahaan asuransi konvensional, Ia pun menjual polis-polis yang dimiliki. Setelah cukup lama mempelajari asuransi syariah Indonesia baru Surya kembali membuka diri, dan menjadi nasabahnya.

Jika di ekonomi konvensional polis dimiliki oleh setiap nasabah, bedanya di syariah polis dimiliki bersama. Penggunaan polis bersama ini lebih menguntungkan karena kontribusi yang dibayarkan lebih ringan. Surya bahkan bisa melakukan double-claim tanpa memerhatikan berapa klaim yang telah dibayarkan , oleh asuransi lain atu BPJS. Pencairan klaim yang diterima jumlahnya setara, dengan besaran plafon yang disepakati.

Bagi nasabah kehadiran asuransi berbasis syariah membawa keuntungan tersendiri, karena tidak merasa terbebani. Sedangkan bagi pemerintah instrumen syariah membawa keuntungan perekonomian, berupa kesejahteraan masyarakat Indoensia yang lebih baik. Kehadirannya membawa kontribusi besar yang berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Maka dari itu pemerintah berharap perusahaan asuransi mampu berinovasi untuk beberapa produk asuransi.   

Kehadiran asuransi dibahas Masterplan Ekonomi 2019-2024 sebagai pembiayaan syariah, yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Islam. Semakin menguatnya syariah dimasyarakat maka perekonomian diprediksi, akan mengarah ke angka positif. Hal ini tentunya akan membawa kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. Selain itu produk asuransi syariah juga aman digunakan oleh kaum muslim, karena bebas dari riba.
Allianz Blog Contest

0 komentar:

Posting Komentar

 
Charlotte Blogger Blog Design by Ipietoon