Tips Mudah Hilangkan Embun pada Kaca Mobil

 

Embun Mobil

Melakukan penggantian oli dengan oli mesin mobil terbaik dan mengecek kondisi mobil sangat wajib dilakukan sebelum Anda berkendara di tengah musim hujan seperti sekarang. Namun selain itu, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting harus Anda perhatikan saat berkendara dalam hujan, yaitu embun pada kaca mobil. Meski terlihat sepele, kemunculan embun ini bisa sangat membahayakan karena dapat mengganggu pandangan pengemudi. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, maka sisa-sisa embun yang masih menempel pada kaca mobil tersebut bisa berubah menjadi kerak.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab kaca mobil bisa berembun? Melansir dari garasi.id, penyebab utama munculnya embun pada kaca mobil ini adalah karena adanya perbedaan suhu. Di mana, suhu di luar mobil biasanya lebih dingin dibanding dengan kabin mobil. Penyebab lainnya yaitu karet wiper mobil sudah mulai getas, kaca mobil yang sudah menurun kualitasnya, hingga AC mobil yang tidak bisa menyala dengan maksimal.

Untuk itu, supaya embun pada kaca mobil hilang, berikut cara mudah menghilangkannya:

1.       Aktifkan fitur defogger. Pastikan untuk mengaktifkan fitur defogger pada mobil. Fitur ini dapat membantu menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil, khususnya kaca bagian belakang. Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan tombol bergambar panah tiga melengkung di bagian dashboard mobil.

2.       Gunakan cairan anti kabut. Jika mobil tidak dilengkapi dengan fitur defogger, maka bisa menggunakan cairan anti kabut yang bisa dibeli di toko perlengkapan mobil. Cara menggunakannya pun mudah, cukup menyemprotkan cairan anti kabut ini ke kaca bagian dalam mobil, diamkan selama beberapa saat, lalu lap menggunakan kain lembut dengan gerakkan searah. Dijamin, embun pada kaca pun hilang dengan sangat cepat.

3.       Gunakan sampo rambut. Tak hanya bisa digunakan untuk keramas, sampo rambut juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil. Mengutip dari garasi.id, formula yang tersimpan di dalam sampo dapat mencegah terbentuknya embun. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya? Cukup dengan mengolesi sampo di bagian dalam kaca mobil tanpa diberi air, lalu lap kaca dengan lap sintetis.

4.       Gunakan tembakau. Siapa sangka, tembakau juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk penghilang embun pada kaca mobil. Hal ini karena tembakau mengandung nikotin, yang mana dipercaya dapat mencegah munculnya embun saat perubahan suhu dan menyerap air. Tembakau ini bisa diambil dari rokok dan langsung taburi ke kaca bagian dalam mobil.

Mudah bukan menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil. So, tunggu apalagi, coba praktekkan, deh!

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Charlotte Blogger Blog Design by Ipietoon