Cara Merawat Rem Truk Canter : Lengkap dengan Tips-Tips nya! Penting!

Truk


Truk canter biasanya kita gunakan untuk membawa material material berat dalam jumlah yang banyak. Hal ini membuat komponen rem pada truk ini menjadi sangat penting untuk kita perhatikan. 

Jangan sampai truk yang kita gunakan untuk membawa material berat ini mengalami rem blong yang akan berakibat fatal. Maka dari itu, kita perlu tahu bagaimana tips dan cara merawat rem truk canter seperti ini.

Dengan mengetahui beberapa tips dan cara tersebut, kita bisa mengendarai truk ini dengan aman. Kita bisa menghindarkan diri kita sendiri dan pengguna jalan yang lain dari bahaya yang terjadi apabila kita tidak melakukan perawatan pada rem truk ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan pada truk canter.

Tips dan Cara Merawat Rem Truk Canter

1. Memastikan Tekanan Minimum Sistem Udara

Cara merawat rem truk yang pertama adalah memastikan tekanan minimum sistem udara pada kendaraan truk tersebut. Kita harus memastikan bahwa tekanan pada sistem udara menunjukan angka lebih dari 100 psi.

Ketika tekanan menunjukan angka seperti itu, berarti rem truk berada pada kondisi normal dan bisa kita gunakan dengan aman. 

2. Memeriksa Supply Udara pada Air Compressor

Kemudian cara merawat rem truk yang berikutnya adalah dengan memeriksa supply udara pada air compressor. Kita bisa melakukan pengecekan supply ini dengan memeriksa interval waktu yang kita butuhkan ketika proses peningkatan udara.

Supply udara pada air compressor yang berada dalam kondisi normal, biasanya membutuhkan waktu tidak lebih dari dua menit untuk meningkatkan tekanan udara yang tadinya 85 psi menjadi 100 psi pada kecepatan 600 rpm hingga 900 rpm.

Ketika waktu yang kita butuhkan lebih dari dua menit, berarti supply udara tidak berada pada kondisi normal. Sehingga kita perlu menambah supply udara yang ada pada air compressor.

3. Mengecek Kebocoran Pipa

Cara merawat rem truk yang berikutnya adalah memeriksa apakah terjadi kebocoran pada pipa atau tidak. Kita bisa menginjak pedal gas kemudian coba untuk mendengarkan apakah ada kebocoran pipa atau tidak. 

Jika kurang terdengar jelas, coba untuk menahan pedal rem dan perhatikan indikator tekanan udara. Apabila mengalami penurunan tekanan, berarti terjadi kebocoran pada pipa.

4. Memperhatikan Intensitas Pengereman

Cara merawat rem truk yang terakhir adalah dengan memperhatikan intensitas pengereman. Intensitas waktu yang terlalu singkat, bisa mengakibatkan rem mengalami overheat yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran pada kendaraan.

Itulah Beberapa Tips dan Cara Merawat Rem Truk Canter 

Penting untuk memperhatikan tips dan cara tersebut karena komponen rem pada truk sangat berperan penting bagi keselamatan berkendara di jalan raya.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Charlotte Blogger Blog Design by Ipietoon