Implementasi Jaringan 5G dan Manfaatnya bagi Perusahaan

SD WAN


Kehadiran SD-WAN providers sepertinya akan semakin dibutuhkan dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini disebabkan prediksi perkembangan jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G) yang akan tumbuh pesat dalam waktu lima tahun. Bahkan bisa saja pemakaiannya lebih baik, menilai dari masifnya penggunaan jaringan 4G.

Persiapan menyambut jaringan 5G di Indonesia

Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat POs dan Informatika Kominfo, mengatakan implementasi teknologi seperti jaringan 5G membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, pertumbuhan teknologi harus dilihat dari segi permintaan maupun penawaran. Entah dengan pembangunan dari provider sambil menunggu pasar atau siap menyambut tingginya antusiasme masyarakat.

Khusus untuk jaringan 5G, permintaan bisa datang dari mereka yang gemar main game. Bagi mereka, kecepatan dan stabilitas yang ditawarkan 5G dapat dijadikan sebagai prime mover. Kawasan industri yang memerlukan sistem robotic adalah target pasar lainnya yang bisa saja mengandalkan jaringan 5G mengingat mereka memakai teknologi lebih canggih dalam produksi.

Jika melihat dari implementasinya di sejumlah negara, jaringan 5G tumbuh di kawasan industri hingga bandara dan stasiun kereta api yang selalu padat. Ismail menjelaskan bahwa area-area tersebut dipenuhi orang-orang yang membutuhkan penyajian informasi yang cepat.

Sementara di Indonesia, instalasi jaringan 5G masih dalam tahap pengenalan. Harga yang relatif mahal dan masyarakat yang memerlukan persiapan adalah salah dua faktor yang membuat jaringan tersebut tak bisa langsung menggantikan jaringan 4G. Apalagi beberapa daerah terpencil masih mengandalkan jaringan 3G, 2G, bahkan EDGE untuk komunikasi.

Implementasi jaringan 5G di perusahaan

Jaringan 5G memiliki sejumlah keunggulan seperti kecepatan mencapai 20 Gbps sampai mampu terhubung ke berbagai perangkat. Kemampuan transfer data yang lebih baik dari 4G dan kompetitif dari serat optik menjadikan 5G sebagai opsi alternatif menjanjikan untuk konektivitas WAN.

Dalam hal ini, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi jaringan 5G melalui penggabungan dengan software-defined WAN. Perusahaan pun lebih siap mengintegrasikan jaringan 5G dengan SDWAN untuk pengelolaan jaringan yang menciptakan infrastruktur tunggal. Hal tersebut mencakup broadband, MPLS, hingga konektivitas nirkabel. Fitur zero touch provisioning dan sistem cloud pun membuat pemasangannya jauh lebih singkat dibandingkan WAN konvensional.

Ketika diaplikasikan dengan tepat, teknologi ini akan membantu koneksi WAN memiliki konsistensi dalam layanan saat terhubung dengan jaringan 5G. Hal tersebut dapat diwujudkan berkat adanya fitur dynamic multipath optimization (DMPO) dan active-active WAN. Penerapan pun dapat diarahkan dalam pemakaian sambungan paling optimal tanpa menurunkan kinerjanya.

Perusahaan yang sedang mempersiapkan diri untuk memakai jaringan 5G disarankan juga untuk memakai layanan managed SD-WAN dari providers. Tujuannya adalah mendapatkan berbagai manfaat yang lebih maksimal dan canggih dibandingkan tetap memakai WAN konvensional.

 

Cara Merawat Rem Truk Canter : Lengkap dengan Tips-Tips nya! Penting!

Truk


Truk canter biasanya kita gunakan untuk membawa material material berat dalam jumlah yang banyak. Hal ini membuat komponen rem pada truk ini menjadi sangat penting untuk kita perhatikan. 

Jangan sampai truk yang kita gunakan untuk membawa material berat ini mengalami rem blong yang akan berakibat fatal. Maka dari itu, kita perlu tahu bagaimana tips dan cara merawat rem truk canter seperti ini.

Dengan mengetahui beberapa tips dan cara tersebut, kita bisa mengendarai truk ini dengan aman. Kita bisa menghindarkan diri kita sendiri dan pengguna jalan yang lain dari bahaya yang terjadi apabila kita tidak melakukan perawatan pada rem truk ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan perawatan pada truk canter.

Tips dan Cara Merawat Rem Truk Canter

1. Memastikan Tekanan Minimum Sistem Udara

Cara merawat rem truk yang pertama adalah memastikan tekanan minimum sistem udara pada kendaraan truk tersebut. Kita harus memastikan bahwa tekanan pada sistem udara menunjukan angka lebih dari 100 psi.

Ketika tekanan menunjukan angka seperti itu, berarti rem truk berada pada kondisi normal dan bisa kita gunakan dengan aman. 

2. Memeriksa Supply Udara pada Air Compressor

Kemudian cara merawat rem truk yang berikutnya adalah dengan memeriksa supply udara pada air compressor. Kita bisa melakukan pengecekan supply ini dengan memeriksa interval waktu yang kita butuhkan ketika proses peningkatan udara.

Supply udara pada air compressor yang berada dalam kondisi normal, biasanya membutuhkan waktu tidak lebih dari dua menit untuk meningkatkan tekanan udara yang tadinya 85 psi menjadi 100 psi pada kecepatan 600 rpm hingga 900 rpm.

Ketika waktu yang kita butuhkan lebih dari dua menit, berarti supply udara tidak berada pada kondisi normal. Sehingga kita perlu menambah supply udara yang ada pada air compressor.

3. Mengecek Kebocoran Pipa

Cara merawat rem truk yang berikutnya adalah memeriksa apakah terjadi kebocoran pada pipa atau tidak. Kita bisa menginjak pedal gas kemudian coba untuk mendengarkan apakah ada kebocoran pipa atau tidak. 

Jika kurang terdengar jelas, coba untuk menahan pedal rem dan perhatikan indikator tekanan udara. Apabila mengalami penurunan tekanan, berarti terjadi kebocoran pada pipa.

4. Memperhatikan Intensitas Pengereman

Cara merawat rem truk yang terakhir adalah dengan memperhatikan intensitas pengereman. Intensitas waktu yang terlalu singkat, bisa mengakibatkan rem mengalami overheat yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran pada kendaraan.

Itulah Beberapa Tips dan Cara Merawat Rem Truk Canter 

Penting untuk memperhatikan tips dan cara tersebut karena komponen rem pada truk sangat berperan penting bagi keselamatan berkendara di jalan raya.



Model Topi Star Wars dan Harganya

Topi Star Wars

Anda termasuk penggemar film legendaris Star Wars? Berbagai macam aksesoris ikonik berlogo dan bergambar khas film ini sudah banyak dijual dipasaran. Seperti Topi Star Wars yang menjadi salah satu aksesoris yang cukup populer dan banyak dicari. Sebelum membeli berikut kami infokan bebrapa model yang bisa anda pilih.


5 Model Topi Bertema Star Wars dan Harganya


1. Topi Baseball Bordir

Topi bertema star wars kali ini mempunyai kualitas yang premiun karena logo pada bagian tengah topi di bordir. Teknik bordir pada bagian logo topi ini akan membuatnya lebih tahan lama. Selain itu teknik pembordiran seperti ini akan mempunyai kesan timbul yang membuat topi anda lebih estetik.

Dengan harga kirasan Rp 500 ribu rupiah, Topi star wars jenis ini punya berbagai macam variasi model dan harga juga. Topi ini bisa anda atur bentuk dan ukurannya karena mempunyai strap dibelakang topi. Dengan design trendy dan dengan aksen logo yang tidak mencolok akan membuat topi ini pas anda gunakan kapan saja.

2. Bucket Hat

Jenis topi selanjutnya adalah model bucket hat. Model yang digemari pada kalangan muda ini memang mempunyai design kekinian. Designnya pun bermacam macam, dari mulai design logo dan gambar star wars yang di print hingga yang di bordir. Untuk harga yang dibandrol di pasaran pun beragam dengan kisaran Rp200 ribu rupiah.

Topi jenis bucket hat ini biasanya menggunakan material Taslan yang nyaman anda gunakan dalam kondisi cuaca apapun. Bila digunakan saat panas topi ini akan menghalangi teriknya sinar matahari, atau dalam cuaca dingin sekalipun, topi ini bisa menghangatkan bagian atas kepala. Modelnya yang modern membuat jenis ini cukup populer saat ini.

3. Topi Baseball Print

Untuk Topi Star Wars berikutnya adalah Topi Baseball print. Berbeda dengan jenis topi baseball sebelumnya yang menggunakan logo bordir, jenis satu ini menggunakan teknik printing dalam mencetak logo atau gambarnya. Sehingga harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dipasaran.

Menggunakan bahan kain Kain ravel atau levis topi ikonik satu ini menggunakan teknik lettering print untuk bagian depan topi dan teknik adjuster untuk bagian belakangnya. Dengan harga dibandrol sekitar Rp 80 ribu rupiah, topi berdesign trendy ini cocok buat anda penggemar star wars yang ingin bergaya dengan budget tidak terlalu mahal.

4. Kids Dark Side Cap

Bagi anda yang mempunyai anak atau ingin menghadiahkan topi berlogo star wars untuk anak kecil, ada juga tersedia ukuran khususnya. Dibuat dengan bahan berkualitas yang ramah untuk anak, topi bertema warna hitam putih ini punya design bagus dan nyaman digunakan. Dengan harga rata rata sekitar Rp 75 ribu rupiah saja,  topi khas star wars bisa anda miliki.

5. Topi Renang

Jenis Topi Star Wars yang terakhir adalah topi renang.  Topi yang digunakan untuk melindungi rambut agar tidak basah dan tidak terkena klorin saat berenang ini, juga punya design star wars yang ikonik. Dengan bahan silicon full, akan membuat topi ini lebih tahan lama dan awet. Dengan harga yang dibadrol sekitar Rp 200 ribuan rupiah, anda bisa berenang sambil bergaya.

Berburu barang khas berlogo atau bergambar film kesukaan memang seru. Tak hanya bisa dipakai saat beraktifitas, berbagai macam aksesoris pilihan kali ini juga bisa anda pajang sebagai penggemar berat. Film bertema perang bintang di luar angkasa ini memang mempunyai tempat tersendiri di hati penggemarnya sejak 1977 film ini dirilis.

Cicipi 4 Menu Makan Sehat Dari SehatQ.com yang Jarang Diketahui

 

Ikan Salmon

Upaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tidak hanya dengan cara melakukan olahraga saja. Namun dibutuhkan pula konsumsi menu makan sehat yang membuat daya tahan tubuh menjadi optimal. Simak beberapa makanan yang masuk pada kategori bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi agar memiliki kekebalan tubuh serta terhindar dari ancaman penyakit.


Menu Makanan Sehat yang Jarang Diketahui


1.Ikan Salmon

Ikan adalah sumber protein dan asam lemak Omega-3 yang tentunya sangat baik untuk otak serta tubuh anda. Salah satunya adalah ikan salmon, yang mana jenis ikan ini memiliki banyak nutrisi yang tentunya menyehatkan dan bisa anda jadikan sebagai menu makanan sehat untuk dirumah.

Pada saat anda mengonsumsi ikan salmon, tentu anda akan mendapatkan protein, vitamin B, selenium, kalium serta tidak ketinggalan pula lemak sehat. Selain kandungannya yang beragam, ternyata ikan salmon juga dipercaya dapat menurunkan beberapa resiko terkena penyakit jantung ataupun diabetes.

Sudah banyak sekali beberapa resep menu makanan yang berasal dari bahan ikan salmon, bahkan sering kali pula dijadikan sebagai bahan review makanan yang menggoda. Contohnya seperti salmon teriyaki yang diberikan tambahan buah lemon segar, kecap manis serta kecap hitam sebagai bumbu penyedap yang pastinya memberikan aroma serta rasa yang menggugah selera.


2. Roti Bakar dengan Isian Telur Alpukat

Bagi beberapa orang belum mengetahui menu makanan yang satu ini. Dimana telur, alpukat serta roti bakar dapat disatukan menjadi satu makanan siap santap yang lezat dan pastinya mengandung banyak nutrisi. Apalagi jika dijadikan sebagai menu sarapan, dijamin tubuh anda akan dengan baik mendapati menu sarapan menggiurkan ini.

Berbicara tentang kandungannya, alpukat mengandung lemak tak jenuh, karbohidrat, serta vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Terlebih ditambahkan dengan telur ayam yang memiliki banyak protein. Tentu sarapan  menu sehat ini akan membangkitkan semangat anda dalam beraktivitas.


3. Roti Lapis Atau Sandwich

Tidak jauh berbeda dengan roti bakar, menu sarapan dari roti lapis atau sandwich juga membuat menu makan anda menjadi lebih sehat. Adapun isian yang bisa anda sandingkan dengan roti ini antara lain selada, mentimun keju, tomat serta tambahan irisan daging yang diapit dalam dua lapis roti.

Kandungan yang akan anda dapatkan dari menu makan sehat roti lapis yaitu kandungan antioksidan yang terdapat pada sayuran. Serta tidak ketinggalan pula protein yang didapatkan dari daging. Menu sederhana dari roti lapis ini pasti membuat anda menjadi lebih kuat dalam menjalani kesibukan serta rutinitas bekerja ataupun sekolah.


4. Tumis Sayur Brokoli

Menu makanan selanjutnya yaitu sayur brokoli. Memiliki rasa sayur yang tidak pahit, tentu sayur brokoli sering dijadikan sebagai makanan favorit untuk berbagai kalangan. Selain itu, pada sayuran hijau ini juga mengandung kalori yang terbilang rendah. Untuk anda yang sedang diet, anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi sayur brokoli sebagai pelengkap menu makanan sehat.

Brokoli pun dapat diolah menjadi berbagai jenis sayuran yang menyegarkan. Misalnya dengan mengolah sayur brokoli ini menjadi capcay ataupun tumis brokoli yang tentunya lezat dan menggiurkan. Anda juga bisa menambahkan sayur brokoli dengan beberapa potongan tomat atau tambahan daging seperti sosis ataupun bakso sebagai pelengkap menu makan sehat anda.


Itulah beberapa menu makanan sehat yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Dengan bahannya yang sederhana, anda bisa dengan mudah mendapatkannya di supermarket terdekat. Harapannya, dengan mengonsumsi makanan sehat ini tentu akan menunjang kesehatan tubuh anda agar terhindar dari serangan penyakit.

Perbedaan AC Sentral dengan Beberapa Jenis AC Lainnya

AC Sentral

Jika Anda pernah jalan-jalan ke mal mendatangi rumah sakit, atau bertandang ke gedung perkantoran, pasti bisa merasakan bahwa hawa bagian dalam gedung-gedung ini dingin dan sejuk. Tapi, anehnya, tidak terlihat pendingin ruangan yang terpasang di sekitarnya. Hal itu dikarenakan gedung-gedung besar ini memakai sistem AC sentral gedung.

Sesuai namanya, pendingin udara jenis ini terpusat di satu lokasi, kemudian dialirkan ke beberapa arah dengan kapasitas yang disesuaikan dengan luas ruangan. Biasanya, di langit-langit ruangan ada lubang udara atau diffuser yang meniupkan udara dingin ke sekeliling. Pendingin udara seperti ini umumnya berkapasitas 10 hingga 20 PK dan terdiri dari beberapa komponen utama seperti:

-          Chiller. Komponen ini berfungsi untuk mendinginkan air pada bagian evaporator. Air tersebut nantinya dibawa ke fan coil unit sebelum dialirkan ke semua ruangan yang terkoneksi dengan AC sentral.

-          AHU (Air Handling Unit). AHU merupakan mesin pengkonversi kalor. Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan udara panas yang ada di ruangan melalui coil pendingin dan menggantinya dengan udara dingin.

-          Cooling Tower. Komponen ini hanya terdapat pada AC sentral jenis kompresor water cooler. Cooling tower berguna sebagai jalur air panas dari filamen cooling tower, yang lalu diembuskan melalui udara dengan bantuan mesin blower bersuhu rendah.

Lantas, apa bedanya AC sentral dengan beragam pendingin udara yang biasa ada di rumah, kamar hotel, dan tempat lain pada bangunan berukuran relatif kecil? Inilah perbedaan AC sentral dengan jenis-jenis AC lainnya:

-          AC Window

AC Window merupakan AC generasi pertama. Sesuai namanya, ia biasa diletakkan di bawah jendela. Bentuknya kotak dan tidak mempunyai bagian indoor maupun outdoor. Berkapasitas 0,5-2,5 PK, AC jenis ini tidak memerlukan remote control karena sudah memiliki tombol pengatur fitur yang terintegrasi dengan sistemnya. Dengan begitu, beda AC sentral dengan AC window terletak pada bentuk fisik serta kapasitas dayanya (PK).

-          AC Split Wall

Jenis AC ini banyak digunakan di rumah-rumah. Hal ini dikarenakan ukurannya kecil, harganya terjangkau, dan perawatannya mudah. Ia terdiri atas dua bagian, yakni indoor yang mengembuskan udara dingin di dalam ruangan dan outdoor yang mengeluarkan udara panas serta suara berisik di luar ruangan. Dengan kapasitas 0,5-2 PK, AC split wall biasanya dipasang di langit-langit rumah. Artinya, rupa AC sentral di gedung-gedung bertingkat hampir mirip dengan AC split wall di rumah-rumah. Perbedaan keduanya lagi-lagi terletak pada kapasitas daya.

 

-          AC Portable

AC berkapasitas 1-5 PK ini dikenal dengan nama lain AC Standing Floor. Dinamakan AC Standing Floor karena pendingin ruangan ini tidak dipasang di langit-langit atau dinding, melainkan di lantai. Biasanya, ia disewakan untuk acara seminar, resepsi pernikahan dan lain-lain karena kemudahannya untuk dipindahkan ataupun dilepaskan. Dengan demikian, beda AC sentral dengan AC portable terletak pada bentuk juga kapasitas PK.

Itulah pembahasan tentang AC Sentral beserta perbedaannya dengan AC jenis lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Tips Mudah Hilangkan Embun pada Kaca Mobil

 

Embun Mobil

Melakukan penggantian oli dengan oli mesin mobil terbaik dan mengecek kondisi mobil sangat wajib dilakukan sebelum Anda berkendara di tengah musim hujan seperti sekarang. Namun selain itu, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting harus Anda perhatikan saat berkendara dalam hujan, yaitu embun pada kaca mobil. Meski terlihat sepele, kemunculan embun ini bisa sangat membahayakan karena dapat mengganggu pandangan pengemudi. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, maka sisa-sisa embun yang masih menempel pada kaca mobil tersebut bisa berubah menjadi kerak.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab kaca mobil bisa berembun? Melansir dari garasi.id, penyebab utama munculnya embun pada kaca mobil ini adalah karena adanya perbedaan suhu. Di mana, suhu di luar mobil biasanya lebih dingin dibanding dengan kabin mobil. Penyebab lainnya yaitu karet wiper mobil sudah mulai getas, kaca mobil yang sudah menurun kualitasnya, hingga AC mobil yang tidak bisa menyala dengan maksimal.

Untuk itu, supaya embun pada kaca mobil hilang, berikut cara mudah menghilangkannya:

1.       Aktifkan fitur defogger. Pastikan untuk mengaktifkan fitur defogger pada mobil. Fitur ini dapat membantu menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil, khususnya kaca bagian belakang. Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan tombol bergambar panah tiga melengkung di bagian dashboard mobil.

2.       Gunakan cairan anti kabut. Jika mobil tidak dilengkapi dengan fitur defogger, maka bisa menggunakan cairan anti kabut yang bisa dibeli di toko perlengkapan mobil. Cara menggunakannya pun mudah, cukup menyemprotkan cairan anti kabut ini ke kaca bagian dalam mobil, diamkan selama beberapa saat, lalu lap menggunakan kain lembut dengan gerakkan searah. Dijamin, embun pada kaca pun hilang dengan sangat cepat.

3.       Gunakan sampo rambut. Tak hanya bisa digunakan untuk keramas, sampo rambut juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil. Mengutip dari garasi.id, formula yang tersimpan di dalam sampo dapat mencegah terbentuknya embun. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya? Cukup dengan mengolesi sampo di bagian dalam kaca mobil tanpa diberi air, lalu lap kaca dengan lap sintetis.

4.       Gunakan tembakau. Siapa sangka, tembakau juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk penghilang embun pada kaca mobil. Hal ini karena tembakau mengandung nikotin, yang mana dipercaya dapat mencegah munculnya embun saat perubahan suhu dan menyerap air. Tembakau ini bisa diambil dari rokok dan langsung taburi ke kaca bagian dalam mobil.

Mudah bukan menghilangkan embun yang muncul pada kaca mobil. So, tunggu apalagi, coba praktekkan, deh!

 

Tawarkan Suasana Alami, Berikut 4 Destinasi Wisata Air Terjun Di Sukabumi

Jembatan Situ Gintung

Salah satu daerah yang dikenal sebagai surganya wisata alam adalah Kota Sukabumi. Kota ini terletak pada Provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak sekali wisata alamnya yang pastinya menawarkan pesona yang sangat menakjubkan. Apabila anda sedang berada di kota yang satu ini, anda bisa mengunjungi wisata air terjunnya yang sangat melimpah. Simak tempat wisata di Sukabumi berikut ini!

Berbagai Destinasi Wisata Air Terjun Sukabumi yang Harus Anda Kunjungi

1. Curug Cikaso

Tempat wisata air terjun Sukabumi yang pertama adalah Curug Cikaso. Curung ini berada di Desa Ciniti tepatnya di sebelah selatan yang letaknya tidak berjauhan dari pantai. Sebenarnya curug yang satu ini bernama Curug Luhur, namun banyak yang mengenalnya sebagai Curug Cikaso. Hal ini dikarenakan oleh aliran airnya yang berasal dari sungai Cikaso.

Disamping itu, Curug Cikaso mempunyai tiga air terjun kecil yang ketinggiannya mencapai kurang lebih 80 meter dan juga lebar tebing sekitar 100 meter. Untuk dapat sampai pada curug tersebut, anda harus mempersiapkan tenaga yang cukup karena jalan yang akan dilalui penuh dengan rintangan. Akan tetapi, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang disuguhkannya.

2. Curug Sawer

Curug Sawer juga merupakan tempat wisata di Sukabumi yang terkenal akan keindahan alamnya. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Pangrango yang terletak di sekitar Taman Nasional Situgunung. Selain itu, curug indah satu ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Walaupun tidak begitu tinggi, namun pemandangan di sekelilingnya masih sangat asri dan tenang.

Adapun keunikan yang dimiliki oleh Curug Sawer tersebut yaitu jembatan panjangnya. Jembatan yang unik ini merupakan jalan yang bisa anda lewati agar dapat sampai pada tempat tujuan. Pastinya anda dapat berfoto-foto di jembatan tersebut dengang latar belakang pemandangan yang cantik.

3. Curug Cimarinjung

Destinasi air terjun yang berikutnya adalah Curug Cimarinjung. Curug yang satu ini berada pada kawasan Geopark Ciletuh yang letaknya dekat dengan daerah pantai pesisir. Tempat wisata di Sukabumi ini juga dalam pengelolaan Desa Ciwaru yang langsung dikelola oleh kepemerintahan desa tersebut.

Agar bisa sampai ke Curug Cimarinjung, anda membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dari pusat kota Sukabumi dengan jarak sekitar 100 km. Hal yang menarik dari air terjun ini adalah suasana alamnya yang sangat indah dengan struktur bebatuan berwarna coklat keemasan yang ada di curug tersebut.

4. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang terletak tidak jauh dari Kota Sukabumi yaitu berjarak sekitar 30 km saja. Air terjun ini berada di Desa Kertaangsana yang terletak di sebelah selatan kota tersebut. Tentunya, Curug Bibijilan ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tempat wisata di Sukabumi yang harus anda datangi.

Walaupun Curug Bibijilan mempunyai ketinggian yang tidak begitu tinggi, air terjun ini menawarkan pesona alamnya yang sangat cantik dan menakjubkan. Ketika berada disana, anda juga dapat melihat air yang sangat jernih. Dengan begitu, anda bisa memanjakan mata dan menyegarkan pikiran dengan menikmati suasana yang ada di sekitar curug ini.

Nah, itulah beberapa wisata alam yang ada di Sukabumi khususnya wisata curugnya. Tentunya wisata-wisata air terjun tersebut dapat anda masukkan ke dalam salah satu daftar destinasi yang harus anda kunjungi. Pada setiap curugnya terdapat keunikan dan pemandangan alamnya tersendiri. Jadi, dapat dipastikan anda tidak akan menyesal saat mendatangi tempat tersebut.

4 Penyebab Rusaknya Print Head

 

Print Head

Print head atau kepala printer adalah komponen printer yang menyimpan sekaligus memiliki tugas untuk menyemprot atau memindahkan tinta ke atas kertas. Mengutip laman Techopedia, bagian ini merupakan komponen inti sebuah catridge pada printer inkjet maupun ink tank printer yang bisa kamu temukan di sini https://www.brother.co.id/id-id/contents/refilltankprinter. Pasalnya, print head berisi rangkaian listrik printer dan nozzle (semacam jarum berukuran kecil untuk menyemprotkan tinta), yang mana merupakan bagian terpenting untuk mencetak dokumen. Tak ayal, kerusakan pada print head berarti ketidakmampuan printer untuk melakukan tugasnya dengan normal.

Agar printer dapat selalu mencetak dengan baik, mengetahui berbagai penyebab umum rusaknya print head sangat penting, jadi Anda bisa berusaha mencegahnya. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.       Aus atau lapuk

Melansir situs Computype, penyebab pertama rusaknya print head adalah keausan atau penyusutan karena tergosok. Keausan pada print head ini umumnya terjadi karena gesekan antara komponen-komponen kecil yang ada di dalamnya; terlepas dari bahan ataupun metode perawatannya. Apakah masalah ini bisa dicegah? Jawabannya bisa. Salah satu caranya ialah rutin membersihkan tumpukan debu di atas kertas yang lama tersimpan di tray sebelum menggunakan printer. Selain itu, kamu juga perlu menyeka print head dengan pembersih yang sesuai petunjuk secara berkala.

2.       Terkontaminasi

Kontaminasi print head umumnya berasal dari media kertas yang mengandung atau terkena bahan abrasif. Ketika kertas ini melewati print head, lapisan pelindung kepala printer ini bisa rusak. Setelah itu, print head akan ikut rusak. Untuk menghindari kesalahan ini, baca baik-baik buku petunjuk printer tentang jenis media apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan pada printer-mu. Selain itu, simpan pula kertas cetak di tempat yang aman agar bebas dari kotoran atau kontaminasi bahan berbahaya lainnya.

3.       Penumpukan residu

Penumpukan residu berupa debu atau kotoran sisa tinta biasanya terjadi pada lapisan pita atau lapisan media pada print head. Adanya endapan pada bagian ini bisa mengganggu pergerakan dalam print head. Walhasil, print head menjadi kepanasan atau overheat lalu rusaak. Dikutip dari Computype, penumpukan residu ini sering kali terjadi karena metode perawatan printer yang tidak tepat ataupun pengaturan kecepatan printer yang terlalu tinggi.

4.       Korsleting listrik

Korsleting listrik atau lepasnya muatan listrik statis memang terjadi di luar printer. Meski begitu, masalah ini merupakan salah satu penyebab utama rusaknya print head, loh. Pasalnya, korsleting listrik akan otomatis merusak sirkuit listrik internal print head. Tak ayal, print head akan rusak ketika korsleting terjadi di saklar listrik. Untuk menghindari hal ini, bacalah cara merawat printer dalam buku petunjuk printer dengan teliti. Selain itu, periksa juga sumber listrik sebelum mencolokkan kabel printer ke saklar agar korsleting listrik tidak merambat ke printer.

Demikianlah informasi soal penyebab-penyebab rusaknya print head. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 

Mengenal Apa itu Investasi dan Jenis-Jenisnya Untuk Panduan Dasar

Investasi


Pengertian Investasi

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata investasi. Investasi juga sering dikenal dengan istilah penanaman modal. Namun, apa itu investasi? Sebenarnya, investasi adalah meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga dengan harapan mendapatkan keuntungan atau manfaat di masa mendatang.

Investasi pada daerah pedesaan sering dilakukan oleh petani dengan cara membeli ternak untuk dipelihara, yang nantinya akan mendapatkan keuntungan ketika dijual. Lain halnya dengan masyarakat daerah perkotaan yang memiliki beragam jenis pilihan investasi, mulai dari properti, emas, saham, obligasi dan lain sebagainya.

Singkatnya, prinsip investasi tetaplah sama, hanya saja saat ini terdapat berbagai pilihan jenis jenis investasi.

Komponen yang Harus Dipahami dalam Investasi

1.     Dana atau Aset

Agar bisa berinvestasi, maka Anda harus memiliki dana atau aset. Anda tentu tidak akan bisa membeli suatu barang seperti rumah atau emas apabila tidak memiliki ketersediaan dana.

2.     Waktu

Setiap investasi membutuhkan waktu untuk meningkatkan nilainya. Waktu tersebut tidaklah singkat, melainkan cukup lama.

3.     Tenaga / Pikiran

Selain harus memiliki dana dan waktu, Anda juga harus bisa meluangkan tenaga dan pikiran dalam  belajar investasi, agar hasil dari investasi Anda bisa maksimal. Selain itu, Anda juga harus belajar cara-cara berinvestasi yang benar.

4.     Risiko

Setiap investor tentu mengharapkan sebuah keuntungan dari hasil investasinya. Namun tidak ada sebuah jaminan bahwa investasi yang Anda lakukan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Hal tersebut bisa saja terjadi selama periode waktu tunggu tersebut terdapat kejadian yang tidak diharapkan. Hal tersebut yang dikenal dengan sebutan risiko. Dengan demikian, sebagai investor Anda harus berkomitmen untuk mengikatkan dana dan juga harus bersedia menanggung risiko yang kemungkinan terjadi.

Jenis Investasi

1.     Investasi Keuangan

Investasi jenis ini bisa berupa saham, obligasi, mata uang asing, deposito, dan reksadana (produk kombinasi dari saham, obligasi, dan deposito).

2.     Investasi Properti

Investasi properti bisa berupa apartemen, tanah kosong, rumah, ruko, kos-kosan, dan penginapan. Investasi properti cenderung akan mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

3.     Investasi Bisnis

Terdapat berbagai jenis bisnis yang bisa dijadikan sebagai investasi. Dan tidak semua bisnis tersebut membutuhkan modal yang besar.

4.     Investasi Logam Mulia

Produk yang umumnya digunakan dalam investasi jenis ini adalah emas. Namun bisa juga menggunakan intan dan platinum.

5.     Investasi Pendidikan

Investasi pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan praktis seseorang.

6.     Investasi dalam Jaringan

Investasi dalam hal jaringan dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah teman atau relasi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemasaran produk yang dimiliki. Contohnya seperti MLM (Multi Level Marketing).

7.     Investasi Dalam Bentuk Barang Antik

Investasi jenis ini bisa berupa lukisan, kendaraan kuno, uang kuno, dan peralatan-peralatan kuno yang memiliki nilai jual tinggi.

Demikian penjelasan singkat pengertian dari investasi, dan dari penjelasan tersebut Anda tentu bisa menentukan pilihan jenis investasi apa yang akan Anda pilih.

Dibekali 4 Kamera, Berikut Spesifikasi Oppo A52 Yang Super Jumbo

Oppo a52

Ponsel yang dirilis pada April 2020 ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan smartphone besutan negara China ini menghadirkan kemudahan di segala sisi. Mulai dari segi kamera, baterai hingga layar pada ponsel. Untuk itu, bagi anda yang penasaran tentang spesifikasi lengkap yang diusung oleh Oppo A52, maka anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Lengkap Yang Dimiliki Oleh A52

1. Memiliki Kapasitas ROM dan RAM yang Besar

Jika dilihat dari kapasitasnya, maka ponsel satu ini memiliki ukuran RAM dan memori internal ynag cukup besar. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kelebihan bagi penggunanya di dalam menunjang berbagai aktifitas yang dilakukan. Dengan memiliki RAM yang besar, maka pengguna tak perlu takut untuk nge lag ketika sedang bermain game. RAM yang cukup besar yakni 8 GB dan juga ROM dengan ukuran 128 GB, tentunya akan sangat lega untuk anda.

Sehingga dengan RAM yang berukuran jumbo ini, maka anda pun bisa melakukan berbagai kegiata multi tasking. Anda bisa dengan mudah untuk berpindah pindah antar aplikasi tanpa perlu untuk membuat ponsel menjadi lemot. Dengan mengusung teknologi UFS 2.1, maka Oppo A52 ini memiliki kapasitas ROM yang sangat besar. Anda pun bisa menampung berbagai macam file tanpa takut ponsel menjadi penuh.

2. Dibekali Kamera yang Mumpuni

Jika berbicara dari segi kamera, maka ponsel satu ini tak perlu untuk anda ragukan. Pasalnya anda akan merasakan pengalaman fotografi  yang sangat menyenangkan. Nantinya, anda pun akan bisa mendapatkan quad camera pada bagian belakang dengan memiliki resolusi yakni 12 MP, 8 M ultra wide, 2 MP macro dan juga 2 MP wide. Dengan memiliki empat lensa ini, maka anda pun bisa mengambil gambar sesuai denga yang anda inginkan.

Dengan adanya lensa ultra yang terdapat pada ponsel Oppo A52 ini, maka anda bisa mengambil foto dengan berbagai macam mode. Seperti pemandangan dengan sudut yani 119 derajat, maka anda bisa menggunakan lensa ultra wide. Sedangkan bagi anda yang ingin mengambil gambar dengan lebih detail maka anda bisa menggunakan kamera makro. Untuk kamera selfie sendiri, juga memiliki resolusi yakni 8 MP.

3. Baterai Super Awet

Selain itu, bagi anda yang berencana untuk membeli ponsel satu ini maka anda pun akan siap siap dibuat terpukau akan daya tahan baterai yang dimilikinya. Dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar yakni sekitar 5.000 mAh , maka anda akan bisa mengucapkan selamat tinggal pada low batt. Pasalnya, ketika anda sedang asyik menonton film maka anda tak perlu takut untuk kehabisan baterai.

Tak hanya memiliki kapasitas yang besar, namun baterai yang terpasang pada Oppo A52 juga memiliki kemampuan untuk mengisi daya dengan cepat atau fast charging. Dengan kemampuan pengisian daya cepat 18 W, maka anda pun bisa mengisi daya dengan waktu yang lebih cepat. Hal ini tentu saja menjadi salah satu hal yang diminati bagi pecinta ponsel.

Ponsel yang hadir dengan ColorOS 7.1 akan menambah kepasan tersendiri bagi para penggunanya. Sehingga bagi anda yang ingin membawa ponsel canggih dengan beragam kelebihan ini, maka anda bisa merogoh kocek dengan harga sekitar 3 juta rupiah saja. Dengan memiliki harga yang masih bersaing tersebut maka anda bisa mendapatkan ponsel yang dibekali 4 kamera satu ini.

Bali United Siap Mempertahankan Gelar Juara Pada Musim Kompetisi Musim Ini

Bali United


Salah satu cabang olahraga populer di dunia yang banyak disukai orang adalah sepak bola. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Bahkan, sepak bola ini juga bukan hanya disukai oleh kaum pria saja, namun kaum wanita pun menyukainya. Bagi pecinta bola, tentunya akan memiliki klub pavoritnya masing-masing. Nah, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang klub asal Bali, yakni Bali United.

Salah satu klub papan atas yang ada di Indonesia adalah Bali United. Walaupun tergolong klub baru, namun Bali United ini sudah menjelma menjadi klub raksasa yang disegani di Indonesia. Awalnya, klub ini bernama Persisam Samarinda, namun diakuisisi menjadi Bali United sejak 2015 yang lalu. Bali United ini juga pernah menjuarai Liga 1Indonesia pada tahun 2019. Selain itu, dilansir dari berita bola dunia klub yang memiliki julukan Serdadu Tridatu ini berhome base di Stadion Kapten I Wayan Dipta

Profil Bali United

Nama Klub : Bali United Footbal Club

Julukan : Serdadu Tridatu

Tahun Berdiri : 1989 (sebagai Persisam Samarinda), 2015 (sebagai Bali United)

Kota : Gianyar, Bali

Stadion : Kapten I Wayan Dipta

Kapten : Fadil Sausu (Indonesia)

Pelatih : Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Daftar Pemain Bali United

Klub sepakbola yang diarsiteki oleh pelatih Stefano Cuggura Teco ini dihuni oleh pemain-pemain yang berkualitas tinggi. Sebagai juara bertahan, tentunya untuk mempertahankan gelar juara ini tidaklah mudah. Oleh karena itu, pihak manajemen Bali United merekrut beberapa pemain baru ditambah dengan pemain yang sudah lama bergabung untuk menciptakan skuad yang solid dalam mengarungi kompetisi 2020 ini. Berikut daftar pemain Bali United terbaru.

Penjaga Gawang :

Nadeo Argawinata, Rakasurya Handika, Wawan Hendrawan, Samuel Reimas

Pemain Belakang :

Gunawan Dwi Cahyo, Gavin Kwan Adsit, Dias Angga Putra, Ricky Fajrin, Agus Nova Wiantara, Leonard Tupamahu, I Made Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Michael Orah, Anan Lestaluhu

Pemain Tengah :

Arapenta Poerba, Brwa Nouri, Muhammad Taufiq, Fadil Sausu, Hariono, I Kadek Agung Widnyana, Sidik Saimina, Fahmi Al-Ayyubi, Rian Firmansyah, Paulo Sergio, Stefano Lilipaly

Pemain Depan :

Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Lerby Eliandry, Yabes Roni, Haris Saghara Putra, Muhammad Rahmat

 
Charlotte Blogger Blog Design by Ipietoon